Bougenvile itu!!!

Ada sebuah bougenvile di depan kamar kos. Tak sendiri karena bersamanya tumbuh pula empat pot rumput-rumputan, serta tiga buah pot bunga kemboja merah. Tak ada masalah dalam pertumbuhannya sebenarnya, bougenville itu berbatang besar dengan ranting-ranting yang banyak pula. Namun herannya tak ada satupun bunganya nampak, dan inilah yang menjadi pertanyaan kami, ya kami aku dan ibu kos…

Bunga itu sudah ada sebelum saya kos disitu, tentu saja ibu kos yang menanam. Waktu yang luang dan hobi yang tersalurkan membuat saya ikut mengawasi pertumbuhannya, mencabut rumput-rumput kecil jika sekiranya tumbuh dan dimungkinkan mengganggu. Menyiramnya dengan air secukupnya jika nampak tanah dalam pot kering, dan perlakuan lainnya.

Berbulan saya disitu, menikmati bunga-bunga kemboja yang merah mulai dari kuncup, kemudian terbuka dan nampaklah bunga yang bagus. Memindahkan tanaman rumput2an ke dalam pot-pot baru, karena pot lama sudah tak kuasa untuk menampung lagi, namun bougenville itu tetap tak berbunga??

Beragam info coba dikumpulkan, termasuk dari tukang kebun sebuah hotel yang memiliki bougenville bermacam ragam, warna bunga dan bentuk pohonnya. Indah-indah pohonnya dan tergerak hati untuk menanyakan bougenville di depan kamar. Tidak terlalu sukar saran yang diterima dari tukang kebun, coba dipraktekkan sebisa mungkin sesuai dengan saran.Namun ternyata bunga bougenville yang ditunggu tak juga nampak batang hidungnya (seandainya dia punya hidung).

Oya, masalah yang sama juga muncul dengan bougenville di depan rumah saya di kampung. Sudah besar sekali namun juga tak berbunga, entah kenapa. Namun di lain pihak, di bawah di taman keluarga (bukan depan kamar saya) ada sebuah bougenville kecil yang berbunga meskipun masih sedikit. Saya bertanya kepada ibu kos dan sungguh aneh jawabnya, ternyara bougenville kecil itu berasal dari pohon besar di depan kamar saya, ouhguugggfhhh.

Jadi kenapa dengan pohon di depan kamar?? mungkinkah sudah terlalu tua, apakah sebuah bougenville juga mengalami monopouse?? atau benarkah peremajaan adalah suatu kemestian??

Andai bougenville depan kamar seperti ini, alangkah senangnya memandang.

Bougenville cantik

17 comments so far

  1. gembulz on

    kok bougenville to mas? nggak anthurim pa jemani gitu loh yang lagi ngetrend

  2. goop on

    Walah…ngetrend sih ngetrend ohm, tapi mahalnya ntu loch, ga kuku…

  3. Resta on

    hehehe, di depan kamar kos gw juga gw taro beberapa bunga dalam pot, untuk menyegarkan mata di siang hari yang panas…

  4. goop on

    @resta

    Bunga apaan yang kau taro?? punya bougenville juga kah??

  5. Resta on

    bukan bougenville, ga tau bunga apa yg gw taro… hehehe…

  6. hoek on

    knafa ndak ganja aja? asek tauk! hehehe…

  7. hoek on

    ow ya, kalo bisa n kalo berkenan, mendink komenya jangan dimoderasi, ndak seru^^

  8. hoek on

    HETTRIX FERDANA DI BLOG INI!!!
    hohoho

  9. goop on

    @hoek 1
    Benarkah ganja asek?? tak percaya saia, nyoba ah!!!
    *cuman berlagak doang*

    @hoek2
    Harap suka membuka halaman sebelah ohm hoek

    @hoek3
    Sementara anda adalah top scorer, dan terima kasih untuk itu
    *tunggu pembalasanku (kidding)*

  10. Resta on

    dasar hoek…gw juga pengen nanem ganja, cuma nanti bisa2 digrebek lagišŸ˜•

  11. goop on

    @resta

    Knapa pengen nanem ganja juga ta?
    Seingatku u kan anti sama asep nan nikmat ntu??

  12. tiyar on

    Aku di rumah nanem adenium. Mo tukeran ?

    Jawaban Pertanyaan mu:
    Jadi kenapa dengan pohon di depan kamar??
    (krn klo di depan rumah ntar di colong orang) mungkinkah sudah terlalu tua, apakah sebuah bougenville juga mengalami monopouse?? atau benarkah peremajaan adalah suatu kemestian??
    (tanyakan aja ama pohonnya)

  13. goop on

    @ tiyar

    boleh, kalo adenium ditukar bougenville yang ga ada bunganya :p

    saya sudah bertanya ke pohon, dia diem aja tuch

    *ternyata saya OOT juga*

  14. ganesha putri aditya on

    i don’t know why but at last
    i like bogenville too much
    may be i’m like that flower
    bad and only grow at the side of street
    he3

  15. ganesha putri aditya on

    if you know much about this flower
    you can send message to me at wati@me.its.ac.id
    coz i’m studyng at ITS
    jazakumullahi khoiron katsiro

  16. Rita on

    Ngomong2 soal bougenvile, saya baru potong bougenvile di rmh karena ketinggian susah ngerapiin, mau ganti yang lebih pendek…….eh harganya 13juta…….

  17. EchaIcha on

    Tak kiroOpo,,, Tiba’e ,,,


Tinggalkan Balasan

