Ku Mencintaimu

Sebuah pesan singkat, demikian bacaanya :

…mmm mgkn ga ya, klo qt dtakdirkan brsama lagi??….


Sebuah pesan lain via YM, demikianlah bila dibaca :

…bunga : bunga tak kan biarkan abang bersama dengan perempuan2 lain!…


Dua pesan yang ditulis oleh dua orang wanita yang berbeda, tak perlu penjelasan lebih lanjut bukan siapa mereka ini?? (Oiya bunga itu bukan nama sebenarnya). Wah puyeng saya, ya karena dua pesan agak gaswat ituh, juga karena postingan ini. Yakin masih ingin terus membaca??


Ijinkan sekali waktu saya sedikit mellow kawan, dan silakan dinikmati beberapa cuplikan adegan dari dua buah cerita dari karya Kho Ping Hoo berikut ini.


Cerita Mutiara Hitam, setelah lamaran Tang Hauw Lam diterima oleh Kam Kwi Lan si Mutiara Hitam


Kwi Lan menggigit bibir, lalu meng­angguk! Hauw Lam saking girangnya hanya melongo! “Tapi terus terang saja, biarpun aku suka menjadi isterimu, aku tidak cinta padamu, Berandal!”

Luar biasa percakapan antara dua orang muda ini. Di depan begitu banyak orang bicara tentang cinta seperti orang bicara tentang pakaian atau topi saja! Mereka kecelik kalau mengira Hauw Lam terpukul oleh pengakuan ini. Sama sekali tidak, ia menjawab dengan suara sewajarnya.

“Orang macam aku mana boleh banyak mengharap? Aku mencintamu bukan karena ingin kaucinta. Aku mencintamu karena ingin melihat kau bahagia, ingin membikin hidupmu cemerlang penuh kegembiraan. Aku ingin seperti matahari, memberi penerangan dan kehangatan kepadamu tanpa mengharap kauingat atau cinta padaku. Aku ingin menjadi suamimu agar aku dapat selalu menjagamu, melindungimu, menghiburmu, melihat engkau bahagia, karena kebahagiaanmulah yang menjadi dasar kebahagiaanku.” Hebat pengakuan ini, dalam hati mereka yang jatuh cinta merupakan sindiran dan petuah yang amat menusuk hati. Memang sebagian besar orang muda kalau bercinta terlalu egois, hanya ingin meminta, meminta dan meminta. Minta dicinta, minta diperhatikan, minta dimanja. Lupa untuk memberi! Cinta itu adalah kasih sayang. Cinta itu sifatnya memberi, bukan meminta. Cinta yang meminta itu bukan mencinta orang lain namanya, melainkan mencinta diri sendiri terdorong hasrat ingin memiliki, ingin memonopoli dia yang dicinta. Cinta macam ini seperti cinta akan benda yang indah.

“Kalau aku kelak meninggalkanmu?”

“Engkau takkan meninggalkan aku tanpa sebab, karena aku akan selalu berusaha menyenangkan hatimu, tak usah kautinggal, kau minta saja aku pergi sendiri.”

“Kalau aku mati?”

“Aku akan ikut! Aku takut kau di sana akan kesepian dan susah….”

Cerita Istana Pulau Es, Setelah pernyataan cinta Yu Goan kepada Siauw Bwee dan ditolak. Yu Goan pun menangis dan berikut percakapan keduanya :


Siauw Bwee mengguncang kedua lengan pemuda itu. “Yu-twako! Engkau mengatakan bahwa engkau cinta kepadaku, akan tetapi kalau ternyata bahwa engkau menderita batin karena aku tidak bisa membalas cintamu, berarti bahwa engkau bukan mencinta aku melainkan mencinta dirimu sendiri!”

Yu Goan mengangkat mukanya yang basah air mata, memandang terbelalak. “Apa maksudmu, Bwee-moi?”

“Di balik cintamu itu tersembunyi nafsu mementingkan diri sendiri, tersembunyi keinginan untuk menyenangkan diri sendiri, kau ingin dicinta, ingin memiliki, itu bukanlah cinta sejati, Twako, melainkan cinta diri yang bergelimang nafsu. Karena di balik cintamu bersembunyi hal-hal itulah maka engkau menjadi berduka dengan merasa sengsara ketika mendengar bahwa aku tidak dapat membalas cintamu! Renungkanlah, Twako, siapakah yang kaucinta itu? Aku ataukah dirimu sendiri?”


Apakah ada yang pening?? Maafkan bila ada yang tidak mengerti apa yang tertulis, namun lepas dari itu semua semoga maksud yang terkandung bisa tersampaikan. Bila saya tidak salah paling tidak ada beberapa hal yang bisa digaris bawahi diantaranya beda cinta sejati dan cinta diri sendiri.

Ternyata cinta sejati sukar juga ya, alih-alih kita melakukan cinta sejati justru cinta diri sendirilah yang terjadi. Menjadi matahari sungguhlah sukar, betapa tidak selalu memberi, menyinari membawa kegembiraan dan kehangatan. Sementara balasan dari itu semua, laksana jauh panggang dari pada api. Dalam A Brief History of Time, Stephen Hawking menceritakan bahwa matahari dan semua bintang yang sekarang ada akan berubah menjadi panda merah, kurcaci putih dan kemudian akan bertransformasi menjadi black hole.

Jadi selepas memberikan kehangatan, matahari bergerak dalam perubahannya menjadi penghisap semua, ah betapa mengharukan. Itukah yang akan terjadi pada para pencinta?? Semoga saja tidak…

Sementara itu, dalam sebuah lagunya Ebiet G Ade mengilustrasikan seperti ini :


Ada yang tak mampu kulupa
Bulu lembut di keningmu
Yang meremang kala ku kecup
Dan ketika kusibak rambutmu

Ada yang tak hendak kubuang
Serangkaian kenang-kenangan
Yang tergambar di gelap malam
Dan tersimpan di pucuk daunan

Langit di atas simpang jalan
Menemaniku bernyanyi
Bagai gejolak pohonan runtuh
Bersama gitar bersama sepi
Bersama luka dan cinta
Aku masih sempat bernyanyi lagi

Ada yang mesti kupikir lagi
Melepas dendam dan sakit hati
Dan berjuang membendung benci
Tuhan jagalah tanganku ini


Kiranya belum lengkap bila belum menyebutkan Goenawan Muhammad yang bertutur :


”Dan nostalgia, tak pernah berasal dari kebencian, ia menggerakkan kembali sesuatu yang hangat, sayu, berarti seperti cinta lama”


Saya merasa seperti koma. Bila koma bersijingkat dan menari-nari membagi kata menjadikan kalimat bermaksud dan mengandung makna. Adalah saya, juga berjingkat dan menari diantara nostalgia dan kekinian, mencoba merangkai kisah yang semoga indah, Amien…

Ah ya, bagaimana dengan anda??

31 comments so far

  1. itikkecil on

    goop, percaya sama tante😀
    itulah akibat tebar pesona kanan kiri:mrgreen:

  2. goop on

    @itik kecil
    iyah, nih tante goop percaya
    sungguh akibat tak terfikirkan saat melakukan sebab😀
    -Semoga waktu tidak berkeberatan untuk menjawab-

    tapi saya ndak tebar pesona koq, mereka ituh yang menengok terus ke goop, sampai goop khawatir mereka sakit leher

    makasih ya tante, dan sebuah kehormatan vertamax tante dapatkan, selamat
    *salaman*:mrgreen:

  3. benbego on

    kho ping ho ya… wah asyik tuh.. dah lama ngga baca2 lagi. istana pulau es dah khatam. punya yg lain ngga?

  4. hoek on

    ah…kemelud soal cinta yah?
    *termenung*

  5. goop on

    @benbego
    Yo’i kho ping hoo emang asyik, dan saya pun punya yang lain, mau??😀
    selamat datang disini dan terima kasih sudah mampir:mrgreen:

    @hoek
    agaknya terlalu berlebihan bila disebut kemelud ohm… mungkin lebih tepat bila prahara istilahnya:mrgreen:

  6. Sawali Tuhusetya on

    Ya, ya, ya, cinta sejati dan cinta egois! *Memang ada yang pengastaan cinta semacam itu, hehehehe😀 *
    Cinta sejati memang sulit Mas goop untuk diaplikasikan dalam kehidupan yang sesungguhnya. Cinta merupakan persoalan universal yang dihadapi semua umat manusia di sepanjang sejarah peradaban. Begitu agung diucapkan, tetapi mentah ketika dilaksanakan.

  7. Sawali Tuhusetya on

    Yang sering kali terjadi, cinta sering berakhir tragis. Kok bisa begitu, ya, Mas Goop. Siti Nurbaya, Rara Mendud, dan mungkin masih banyak yang lain *lupa, yak!* semuanya mengalami kematian tragis akibat persoalan cinta. Agaknya memang harus hati-hati ya dalam menghadapi persoalan cinta!

  8. goop on

    @Sawali
    Betul Pak Sawal, meski begitu menurut saya, koq karena cinta pula semua terjadi. Memang diujung sana ada Laila Majnun, Romeo Juliet dan lainnya yang tertusuk kejamnya cinta. Namun saya percaya, ada pula yang melihat dunia dengan senyum karena cinta, sepeti Ilyas dalam cerita Tolstoy, atau mungkin seperti bumi dan mentari yang tak lelah bertarik-tarikan, sehingga tata surya tetap adanya, smoga saja bukan hanya khayalan nggih Pak??:mrgreen: salam

  9. beratz on

    Cerita-cerita antah berantah atau cerita dalam pewayangan banyak kok yang menceritakan kisah cinta sejati tanpa harus ada pengorbanan.
    Trus roman-roman picisan yang harus dibaca sambil sembunyi-sembunyi karena biar nggak ketahuan ma yang lain karena kita baca itu juga banyak yang mengisahkan cinta tanpa harus berkorban. Dan dalam kehidupan yang fana inipun hanya bermodal cinta saja nggak bisa dijadikan pondasi dalam kehidupan beruma tangga mas goop. Makan tuh cinta kata wanita-wanita akhir jaman. Mereka tidak akan bisa menjadi seperti Hz. Siti Khadijah atau Hz. Aisyiah .
    Gitu aja.
    Mohon maaf jika ngelantur
    “Sok tahu Mode On”

  10. goop on

    @Berat
    wah… sadis memang wanita zaman sekarang ya ohm beratz, biar mereka cantik. Tapi mereka mengharapkan banyak hal, “Makan tu cinta” jadi inget sebuah sinetron yang menceritakan seorang jembel yang jatuh cinta pada putri bangsawan.. Ibu sang putrilah yang mengatakannya, jadi bukan putrinya.. Akhirnya saya tidak akan menggeneralkan semua wanita, yah meski ada yang mengharapkan lebih dari cinta, namun saya juga berharap ada yang tulus untuk mencinta seperti Hz. Aisyiah. Pokoknya mah saya peluk smuwa:mrgreen:

    ǝɥǝɥ ɐlɐƃǝs uɐʞɐɯǝd ɐʎɐs ƃuɐlıq ƃuɐʎ ɐpɐ uɐƃuɐɾ-uɐƃuɐɾ

  11. rozenesia on

    Saya ndak TePe-TePe tapi kok banyak fans ya?😆

    *ditabok*

  12. goop on

    @Rozenesia
    Berarti ada kemiripan diantara kita paman roze😀

  13. Imm on

    Pasti kamu baik banget..

    Hidup emang penuh dengan pilihan, terkadang apa yang kita pilih bisa membuat yang lain terluka.. Tapi kita juga ga bisa kan buat membahagiakan semua orang??

    Imm

  14. goop on

    @imm
    Wah tante bercanda, masa belum kenal ko udah bilang baik??:mrgreen:
    Iya, saya setuju sekali dengan pernyataannya, terima kasih ya😀

  15. Shelling Ford on

    seandainya aja mantan saya ngajak balik…

  16. goop on

    @shelling ford
    *tersenyum trenyuh*
    mungkin belum jodoh paman,
    tapi tenang aja, katanya paman kan gantheng
    mHuahaha:mrgreen:
    Sukses yak!!!

  17. PT. RAHARJO, Tbk on

    ..RAYUANMU..SUNGGUH MEMUKAU SETIAP GADIS..
    BESARNYA HATIMU SEBBESAR KERTAS A0, JARI-JARI KATAMU SERAPAT pohon bambu di belakang rumahmu…,taktis kalimatmu setaktis dirimu merawat anak & istri….
    TAPI …….sayangnya BLOG mu g kreatif babarblas…
    ( he..he..just kidding)

  18. goop on

    @PT. Raharjo
    walah… analogi yang bagus paman raharjo😀
    -makasih sudah mampir-

  19. PT. RAHARJO, Tbk on

    gimana sich caranya buat blog../
    mbok ya aku diajari.., aku agak gaptek…kalo ke warnet cuma cari film terus 3.gp dan avi..
    apalagi kalo 3 gpnya maria ozawa…wuhhh aku ambil semuanya sampai 59 giga…

  20. goop on

    @PT. Raharjo
    3gp, mau dunk paman…:mrgreen:
    tetapi sadarlah akhi, sungguh rugi bila kau tak membaginya😀

  21. cka on

    hmmm….mnyentuh skali…

    …mmm mgkn ga ya, klo qt dtakdirkan brsama lagi??….

    ”Dan nostalgia, tak pernah berasal dari kebencian, ia menggerakkan kembali sesuatu yang hangat, sayu, berarti seperti cinta lama”

    jadi ingat ma dirinya yg disana
    thnx 2 de x-man 4 beautiful moment wae lah

  22. goop on

    @cka
    hayooo…
    inget siapa tu???
    makasih ya tante, sudah mampir😀

  23. dhe; on

    ada pengemar kho phing kho juga nih….

    akh mungkin mr goop tidak TP(tebar Pesona) tapi pesona mr goop telah menebar-nebar x yak…

    hayo milih mana melati atau mawar…jangan2 dapatnya kamboja….

    nice posting

  24. goop on

    @dhe;
    iyah, saya suka kho ping hoo
    syukurlah ada yang tau klo pesona saya menebar-nebar:mrgreen:
    saya nda milih melati ato mawar, bahkan kamboja😀

    *sedang terserang demam narsis dan megalomaniak*

  25. ponakan on

    hehe…. cerita lama yah unc… cuit2…..

  26. goop on

    @ponakan
    Bgitulan, dan cerita baru yang sama-sama samar😦
    Awas, ya klo ngeledek,
    tak penthung:mrgreen:

  27. MIFTAHUL ARIFIN on

    BUAT PARA PASANGAN SELURUHNYA DAN SEKITARNYA
    GW RASA CINTA SEJATI TU NGAK ADA.*.-
    KALO ADA PASANGAN SEJATI ATAU CINTA SEJATI
    KALAO BISA KASIH TAU GW DONK…….PLAECE.*.-
    KESITUS GW

  28. MIFTAHUL ARIFIN on

    SIKAP APA SIH YANG ENGAK SUKA MA CWEK….*.-

  29. BLUEKUTUK on

    CINTA HE,,,HEEEM…TAI.*.-

  30. BLUEKUTUK on

    BUAT PARA CWEK CINTAI GW DONK.*.-

  31. haji cabul on

    LEBAY


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: