Delapan

Sebelumnya bagi anda yang biasa terdampar di pulau milik saya ini, tidak akan menemukan hidangan yang sama dalam postingan kali ini. Urutan kata-kata berikut adalah hasil PR saya, sebuah tongkat estafet yang diserahterimakan kepada saya dari sahabatsahabat saya. Di halaman tentang saya, saya tidak biasa untuk menuliskan kejadian-kejadian aktual di blogosphere, biasanya saya hanya penikmat saja dari tulisan-tulisan mereka yang begitu intens mengawal blogosphere. Saya cenderung akan mendongeng, berbagi cerita disudut blogosphere. Saat ini, sebagai warga dari sebuah komunitas yang unik ini, mau tidak mau, suka tidak suka saya memilih untuk menuliskannya.

Bermula dari tahun yang sebentar lagi akan sampai di ujungnya, menandai pula sebuah tahun baru yang akan segera tiba. Seperti dimaklumi bersama beberapa warga blogosphere, saling berbagi cerita, misi, resolusi harapan dan lainnya untuk tahun yang akan datang. Dibatasi pada delapan poin dan kemudian memilih delapan orang sahabat yang akan menerima tugas selanjutnya. Kemudian, berikut ini delapan saya itu.

Sebelum melanjutkan, saya teringat pada tulisan Stephen Covey dalam bukunya 7 habits of highly effective people. Dalam salah satu bab, kita sebaiknya mengenali pusat kita masing-masing. Lebih jauh, itu berarti mengenali peran kita dalam kehidupan ini. Adapun pusat-pusat itu adalah : keluarga, uang, kerja, barang milik, kesenangan, teman, musuh, tempat ibadah, diri, pasangan dan prinsip. Nah dari sini, saya akan berangkat untuk menjabarkan misi, resolusi, harapan atau keinginan saya. Tapi saya lebih suka menyebutnya sebagai harapan atau keinginan, sesuatu yang belum dimiliki, atau sudah dan ingin dipertahankan. Singkat kata inilah delapan itu :

1. Dalam kehidupan keluarga, saya akan menggabungkannya dengan pasangan dan teman serta musuh.

Melihat kedua orang tua saya serta adik-adik tersenyum karena keberadaan saya sungguh membahagiakan. Entah bagaimana caranya, tapi saya ingin mewarnai dan memberi arti meski kecil untuk kehidupan saya bersama mereka. Menjemput pasangan saya, yang masih belum diketahui dimana keberadaannya. Menjalin silaturahim yang baik, dan terus menerus dengan para sahabat saya baik di dunia yang sebenarnya maupun dunia maya😀 sebenarnya adakah perbedaannya?? Kemudian mengasihi musuh saya bila ada.

2. Dalam pekerjaan, yang akan saya gabungkan dengan uang dan barang milik

Bekerja sebaik-baiknya untuk pekerjaan yang sekarang, dan setelah habis kontrak berharap memperoleh pekerjaan lain yang bisa memberikan keamanan finansial dan menyenangkan. Dari pekerjaan itu, kemudian memperoleh uang dan mengelolanya dengan baik sehingga bisa menambah atau memperbarui barang milik yang berguna.

3. Dalam kesenangan,

Saya akan melanjutkan hobi saya selama ini yaitu membaca, kemudian juga sedikit menulis ah atau katakanlah ngeblog dan segala aktivitasnya.

4. Dalam diri

Diri saya adalah sebuah inkonsistensi, melakukan sedikit perubahan disana. Mengasah gergaji otak saya sehingga tidak tumpul, sedikit berolahraga, menambah sedikit istirahat atau jeda, saat dimana saya bisa mengambil nafas, merefleksikan segala sesuatu. Oya, juga mengurangi batang-batang yang terbakar diantara bibir saya dalam arti yang sebenarnya, karena selama ini saya masih sebatas menguranginya satu demi satu dari bungkusnya.

5. Tempat Ibadah

Point ini bukan susah sebenarnya, tapi dasar saya, benar kata orang barangkali, bahwa keimanan itu selalu naik turun. Ingin bisa tetap grafiknya atau kalau bisa menanjak naik, walau sedikit. Saat ini, saya hanya ingin melantunkan surat cintaNya di malam-malam yang sepi. Kedepan mungkin ingin menjadi laron, yang silau akan Cahaya, mengerubunginya untuk kemudian terbakar dalam cintaNya, semoga.

6. Dalam Prinsip

Ingin memiliki prinsip yang benar, sehingga bisa memiliki rasa aman, mengikuti kompas dan peta yang benar yang bisa menunjukkan jalan yang akan saya tempuh, memiliki kebijaksanaan yang mencakup spektrum yang luas, dan bisa menggunakan daya yang ada untuk melayani orang lain.

Barangkali harapan saya sudah saya tuliskan, tentu masih banyak yang lainnya. Ko cuma enam tidak delapan?? Saya pikir ini bukan masalah bilangan, karena meskipun hanya enam, namun penjabaran keinginan itu sudah melebihi ketentuan. Maaf sobat tidak sesuai perintah, semoga nilai saya tidak jelek:mrgreen:

Demikian pula, saya tidak akan melanjutkannya ke sahabat-sahabat yang lain –lagi-lagi maaf– silakan saja bila ada yang akan menuliskan harapan-harapannya, atau sekedar membatin, tidak cuma delapan, berapa saja boleh. Dari anda, untuk anda dan oleh anda, selamat…

17 comments so far

  1. goop on

    Ah saya malu, dengan tulisan ini:mrgreen:

    Goop:::
    lha, pake baju kan??😆

  2. itikkecil on

    kenapa gak delapan👿
    semoga prinsipnya tetap terjaga ya goop
    itu yang paling penting

    Goop:::
    kan saya sudah nulis, ini bukan masalah bilangan:mrgreen:
    iya tante, memang saya rasa prinsip adalah yg utama
    karena dengan itu yang lain mengikuti, terima kasih

  3. deKing on

    weits gaya yg lain dr yg lain…kreatif
    Semoga semua bisa tercapai ya Uncle.
    Maaf komentar saya pendek dulu, maklum pakai HP

    Goop:::
    gaya yang lain?? apanya yang lain, sepertinya sama aja sobat😀
    amien untuk do’anya
    terima kasih, meski pendek:mrgreen:

  4. deKing on

    maksud saya gaya Uncle Goop dalam menyajikan resolusi agak beda dengan gaya resolusi rekan-rekan lain.
    saya juga mendapat PR ttg resolusi.
    BTW kenapa mesti mengalihkan “isue” ini dengan posting Salak?
    Sangat mungkin banyak rekan (trmasuk saya) yang belajar dari postingan ini lho

    Goop:::
    Beda gaya?? nda’ ngerti saya, perasaan sama saja😀
    ah untuk lebih jelasnya, dihalaman tentang saya ada ko sobat
    terima kasih ya:mrgreen:

  5. tukangkopi on

    sepertinya resolusi yang satu ini mbikinnya ndak sembarangan..😆

    Goop:::
    lha baru tau ya:mrgreen:
    saya kan bukan pendekar sembarangan, logh??
    Terima kasih brother

  6. morishige_pulang_fieldtrip on

    ohohohoho…
    sudah dikerjakan rupanya, paman… *tersenyum puas*

    Goop:::😦

    saya sendiri juga masih bingung soal prinsip hidup, paman…😦

    Goop:::
    Kenapa bingung??

  7. extremusmilitis on

    Harapan di-tambah Prinsip harus di-barengi Tindak-an, itu baru afdol kan Goop?😉

    Goop:::
    Betul Bang Mus, betul…

    Semoga bisa men-capai apa yang kamu harap-kan yaks
    *dukung dengan doa*:mrgreen:

    Goop:::
    Yess, terima kasih
    amien😀

  8. Sawali Tuhusetya on

    Menjalin silaturahim yang baik, dan terus menerus dengan para sahabat saya baik di dunia yang sebenarnya maupun dunia maya😀 sebenarnya adakah perbedaannya?? Kemudian mengasihi musuh saya bila ada.

    Wah, ini sebuah resolusi yang luar biasa di tengah serbuah teknologi global saat ini. Mengasihi musuh merupakan tindakan mulia yang memang agak sulit dicapai tetapi perlu ditancapkan lewat ketetapan hati nurani.
    Semoga 2008 menjadi awal yang baik untuk melakukan sebuah perubahan.
    OK, salam.

    Goop:::
    Terima kasih pak
    amien

  9. caplang™ on

    mestinya ditambahin…
    ga bakal ngobrol sendiri di komen pertamax!!:mrgreen:

    Goop:::
    yeee biarin😀
    itu budaya baru yang sedang akan saya budayakan *halah*

  10. khofia on

    hngg… lagi ngomongin resolusi layar monitor? kalo saya pake resolusi 800×600 buat taon 2008 keliatan ketinggalan jaman gak?
    *mode ‘gak konek en gak nyambung blass*

    Goop:::
    udah resolusi sgitu, ditambah layar kecil
    karena tivi ga stereo ya??:mrgreen:
    bangun mas… udah mau 2008 inih😀

  11. Transformasi … « manusia biasa on

    […] melainkan cacah alias “banyaknya” ) yang hanya empat itu bukan saya ikut-ikutan Uncle Goop apalagi bermaksud tidak menghormati Pak Sawali yang telah memberikan PR ini. BUKAN! Saya hanya […]

  12. Hoek Soegirang on

    hohohoho….
    maafken saia faman, saia lufa, uda mbaca tafi ndak meninggalkan jejak disini…
    ah ya, fengen dinilai? maaf sangadh nilainya B, soale masi kurang dua sih:mrgreen:
    tafi kekna yang 6 ini lebih bermakna dibandingkan 9nya saia…smangadh faman!!!

    Goop:::
    Ah ya, terima kasih sobat😀
    Apapun nilainya, bila itu dari kamu *halah*
    Tetap menggirangkan:mrgreen:

  13. Kurt on

    seperti biasa saya kalau membaca tulisan paman goop dengan tenang, kalem dan penuh penghayatan sepertinya saya terhipnotis dengan gaya penulisnya paman ini heheehee…

    Goop:::
    Wuah, terima kasih paman Kurt😳
    memacu saya, untuk lebih banyak belajar lagi😀

    kita sebaiknya mengenali pusat kita masing-masing. Lebih jauh, itu berarti mengenali peran kita dalam kehidupan ini. Adapun pusat-pusat itu adalah : Keluarga, uang, kerja, barang milik, kesenangan, teman, musuh, tempat ibadah, diri, pasangan dan prinsip.

    Sekedar mencatat ulang, takut lupa heheh makasih paman goop bagi2 merenungnya. maklum santri gak banyak buku2 seperti ini… sekali lagi makasih … permisi… saya mau belajar cara menulis harap…

    Goop:::
    mau belajar cara menulis harap… ???
    apa itu??
    Saya pun, banyak belajar dari paman Kurt, terutama mengenai Kitab-kitab yang jarang saya temukan di luar lingkungan pesantren😀

  14. qzink666 on

    Saya juga dapat dua pe-er resolusi 2008 ini, tapi sampai saat ini belum juga dikerjain.. :bandel:
    eh, topik berantai ini asalnya dari mana yak?

    Goop:::
    Deuh, saya juga kurang tau sobat😀
    ini mirip email berantai itu bukan yakz??

  15. ponakan on

    amien….
    wah .. ku bahkan gak sempet mikir ini unc… (mksdnya..ngurutin kali yah… biar jelas mappingnya ????mksdnya??? hehe)
    tau-tau dah 00:00 wita 010108 dan cuma diisi dengan menahan ngantuk sambil menemani tamu yang juga pada ngantuk nungguin datang hehehe

    Goop:::
    sama saya juga ngantuk, waktu taun baru kan??😆

  16. Dhe' lagi nga' nyambung on

    saya masih jalan2 di awan tidak usah di jemput ,tunggu saja karena angin akan membawa ku kesini dan mungkin kau akan menemukanku di rinai hujan atw mungkin pada setiap kran yang kau miliki, hanya menunggu ekuibirin nya saja

    Goop:::
    baiklah… aku akan menunggu…
    mungkin tidak terlalu lama lagi kan??😀

    paman..paman…paman….

    Goop:::
    ya..ya..ya..

  17. ponakan on

    ku suka point 5 nya unc…

    Goop:::
    saya mohon bimbingannya dunk, hajjah ponakan:mrgreen:


Tinggalkan Balasan

