Kenalan

kenalan

Saya tak kenal anda, tak juga anda kenal saya. Pertemuan kita bukanlah sering, jarang bahkan tak pernah. Saya mempresentasikan diri saya dalam simbol, dalam sensasi hitam dan putih layar monitor. Semena-mena kemudian otak anda menerjemahkannya dalam huruf, terangkai menjadi kata dan inilah jutaan kata-kata dari saya.

Saya tak kenal anda, tak juga anda kenal saya. Pertemuan kita hanyalah kadang-kadang. Melalui berbalas pendapat bernama komentar, melalui sapaan singkat memakai Yahoo Messenger. Lagi-lagi kita memerlukan pertolongan simbol, sensasi hitam putih pada layar monitor, atau mungkin warna lain, yang kemudian diterjemahkan menjadi kata. Kata-kata yang mengandung maksud, melengkapi tujuan yang tersirat. Tak jarang juga bermacam emoticon menjadi pelengkapnya, menjadi perwakilan dari emosi, mimik muka atau kejenakaan, juga kesedihan.

Jadi sudahkah anda kenal saya? Ah tetap saja saya tak kenal anda, tak juga anda kenal saya.

“Paman, saya bingung!!” ponakan saya itu nyeletuk seenaknya.

Disinilah kita berada, dalam dunia kata-kata. Tenggelam dalam sensasi hitam dan putih, hanyut dalam jutaan simbol. Dunia yang tak lengkap, namun ada. Sangat dekat meski jauh. Dunia niskala, tanpa ikatan ruang pun penjeda jarak.

Pawang buaya itu begitu dekat dengan buayanya. Setiap dia mendekat, buaya mengerti bahwa ini saatnya makan. Diangsurkan sekerat daging, buaya buka mulut dan Hap!! Nyam!! Nyam!! Kunyahan menyeramkan itu dimulai.

Pawang lupa, juga buaya. Budaya ini, memori ini, terpatri kuat pada otak buaya. Sayang buaya tidak bisa membedakan mana pawang, mana orang lewat. Meski begitu, buaya masih bisa membedakan dirinya sendiri dengan manusia. Sebatas itulah perkenalan buaya.

Satu saat ada pengunjung mendekati kolam buaya. Buaya yang pintar mengira, ah ini nih tiba saatnya aku makan. Memang saat itu buaya lapar berat. Pengunjung ini bukan orang bodoh, hanya sayang dia tidak mengenal buaya. Tak dibawanya barang sekerat daging, maksud dia hanya akan melihat-lihat sebentar.

Buaya pun buka mulut, dan Hap!! Nyam!! Nyam!! Waduh, pengunjung itu pun lumat dimakan buaya. Hingga saat pawang datang, buaya sedang sibuk mengelap mulutnya dengan tissue.

Pada sebuah desa kecil (baca SmallVille) tersebutlah Lana dan Clark. Keduanya berpacaran, bermesraan tak jarang berciuman. Sayang beberapa hari terakhir keistimewaan Clark terkuak. Dirinya ternyata manusia super (baca SuperMan).

Clark bingung pada dirinya sendiri. Lana bingung pada Clark dan dirinya sendiri, keduanya bingung. Mereka mempertanyakan hubungan diantara mereka, apakah masih terus akan berlanjut. Haruskah diakhiri dan kemudian menjadi teman lagi, menjadi tetangga, yang tidak lagi berpacaran, bermesraan dan berciuman?

Bahkan diantara mereka yang berpacaran, yang mungkin sudah saling mengenal satu dengan yang lain. Bisa sampai pada satu titik, dimana mereka menjadi asing satu dengan yang lain.

Berkenalan kemudian, bukanlah hal yang susah. Di awal percakapan menggunakan Yahoo Messenger, biasanya akan saling menanyakan a-s-l. Pertanyaan awal ini, memberikan informasi mengenai usia, jenis kelamin dan lokasi dimana saat ini berada. Tentu ini tidak cukup, namun percakapan selanjutnya memberikan kita gambaran, pribadi seperti apa lawan bicara kita. Mulailah terbentuk sebuah figure, sebentuk tubuh dan personifikasi dari kata-kata.

Berkenalan kemudian, bukanlah hal yang mudah. Diantara sahabat yang sudah kenal sekian lama, bisa saja terjadi perubahan dalam perasaan. Menjadi sosok yang asing, yang berbeda dan tak biasa. Anehnya, terkadang pada diri sendiri pun suka lupa, saat euforia melanda, atau duka lara membabi buta. Diri ini menjadi berbeda, ada sisi-sisi yang selama ini terkubur, menyeruak, menampakkan dirinya. Individu yang sama, ternyata bukan hanya individu itu sendiri. Ada ide-ide lain yang bersemayam, membuat pangling, dan terkadang menampakkan dirinya pada saat-saat special.

Akhirnya perkenalan menjadi susah-susah mudah.

__________________________________________________________

Saya tak kenal anda, tak juga anda kenal saya. Pastinya, saya tidak memiliki keistimewaan seperti Superman. Saya juga tidak akan memakan anda seperti buaya. Saya hanyalah seseorang yang kadang harus berkenalan dengan diri saya sendiri, berulang-ulang, untuk sekedar meyakinkan siapakah saya.

“Saya kenal paman, seorang buruk rupa yang mempesona, hehe”

“Argh, kamu ini…”

Asal gambar

63 comments so far

  1. eMina on

    pertamina:mrgreen:

    kenalkan, saya mina
    *dilempar sandal*

    Goop::::mrgreen:
    ya teh… perkenalan diterima😀
    oiya maaf tak jualan bensin saya👿

  2. Nazieb on

    Ah, saya kenall tulisan yang begini.. pasti tulisannya Paman Goop
    *salaman*
    :mrgreen:

    Goop:::
    aih… bisa aja dikau sobat:mrgreen:
    *jabat erat*

  3. itikkecil on

    saya kenal goop…. dia itu seorang yang…..

    *dibekap karena sok tahu*

    Goop:::
    *:mrgreen: *

  4. extremusmilitis on

    kalau kata ujar-ujar sih “nggak kenal maka nggak sayang”
    tapi kenal dan ber-sahabat seharus-nya kan tidak mengenal ruang dan waktu😉

    apa aku kenal kamu Goop?🙄

    Goop:::
    nah itulah Bang?!!
    apa coba?? *😀 *

  5. Edi Psw on

    Saya juga tak kenal Anda.
    Entahlah siapa yang membuat tulisan-tulisan ini.

    Goop:::
    hahaha….
    kenalkan saya goop😀

  6. caplang[dot]net on

    salam kenal!:mrgreen:
    asl pliss…

    *ctrl g*

    Goop:::
    BUzzz!!!
    hahaha *:mrgreen: *

  7. adit-nya niez on

    Hmm… Mulanya kenalan, kemudian dekat, bercengkrama, dan………😳

    Huhuhu….
    Salaman paman…:mrgreen:

    Goop:::
    hyaduhhh… jangan bercengkerama sama saya yak😳
    *jabat erat*

  8. bisaku on

    Goop …🙄 siap yah dia …

    * teriak minta pasangin foto asli👿 *

    Goop:::
    lha itu kan udah di avatar,
    nenek moyang kita😀

  9. Bella on

    anda juga tak kenal saya kan??

    apalagi saya kenal anda kan tidak mungkin…

    “mari berkenalan.. saya Bella..”

    Goop:::
    yukkk mareee… saya goop😀
    senang berkenalan dengan Bella, well Bella nama yang bagus:mrgreen:

  10. Payjo on

    Keajaiban tekhnologi ya Oom. Mendekatkan apa saja yang jauh.

    Goop:::
    eh iya Jo…
    walah… ko kamuh serius amat Jo😀
    aih seneng euy…

  11. kabarihari on

    ngga pake ngatri kan buat kenalan sama sampeyan? ( emang minyak tanah:mrgreen: )
    salam kenal goop.

    Goop:::
    eh ga kok, santai aja😀
    salam kenal pula, terima kasih sudah mampir disini…

  12. lil4ngel5ing on

    sastrawan lucu… senang bereksperimen dengan kata2 manusia yang satu ini… but kind…

    Goop:::
    aih, makasih non…
    bisa aja si non ini :mrgreen:

  13. deethalsya on

    eh, mas sapa toh??!
    kenalan yuukk.. 😆

    walah, situ pawang buaya toh mas??!
    baru tau dt..:mrgreen:

    Goop:::
    ayukkk… saya goop😀
    situ siapa?? *:mrgreen: *
    ah dt bisa ajah…

  14. tukangkopi on

    inspiratif sekali! tulisan ini khas banget. apa gw kenal sama penulisnya ya?🙄

    Goop:::
    hahahah
    tau ah gelaaappp😎

  15. misteri on

    mas goop, bisa bantu saya nangkap buaya darat nggak?
    ini tolong tangkap buaya darat yang sedang jeda

    Goop:::
    lha saya bukan pawang…
    salah-salah malah saya dicaplok:mrgreen:

  16. arya on

    met kanalan juga
    wheheheh

    Goop:::
    salam kenal juga *halah*😆

  17. funkshit on

    kenalan paman.. ..
    saya kevin . . .. minta angpau donks paman. .

    Goop:::
    hayah…
    *tendang funkshittt*👿

  18. Cabe Rawit on

    Salam kenal paman… kalau boleh tahu paman asalnya dari mana? nama lengkap siapa? Kerjanya di mana? Udah punya bini apa belon? Penghasilan per bulan berapa?

    Nama ane Cabe rawit. Asal ane dari Betawi, tapi gede di Bandung. Nama lengkap, ya Cabe Rawit. Belon kerja. Belon punya bini, tapi sedang berusaha punya anak… Penghasilan per bulan… ya cukuplah. Maklumlah paman, ane masih digaji ama babe ama emak…:mrgreen:

    Goop:::
    walah lengkap bener pertanyaannya😀
    mending ke halaman perkenalan saya aja kalo itu mah:mrgreen:
    oya, belum punya bini, tapi sedang berusaha punya anak, walah parah juga nih😆

  19. Abeeayang™ on

    syalam kenal
    *syalaman* :mrgreen:

    Goop:::
    salam kenal pula
    *jabat erat*😆

  20. Abeeayang™ on

    bedewei nich bedewei…kok kayaknyah lagi musim postingan ¨kenalan¨ yaks…
    *lirik pak budi dan cabe rawit*
    tentang eyang soeharto udah ndak dibahas lagi yaks… 🙄

    Goop:::
    yah, kamuh telat kalii beee….
    hahaha:mrgreen:

  21. qzink666 on

    tapi saya bukan superman meski saya juga mungkin bukan pawang buaya..😛
    *mati lagi*

    Goop:::
    waduh… tuan Qz… buka muluth😀

  22. Ina on

    waduh saya kayaknya salah alamat masuk blog ini.

    saya nga kenal sama yg punya blog ini. Coba yg punya blog perkenalkan diri..!
    sapa sech goop itu???

    *dipecat jadi kakak*
    :mrgreen:

    Goop:::
    aih kak ina inih😀
    paling bisa deh wakakaka

  23. imoelyadi on

    Ngak salah kenalan itu, karna dengan kita mengenal satu sama lain pertanda sempurna kita sebagai manusia yang bersosilisasi dan rasa pengen tau perbedaan dan persamaan antara kita…pengetahuan dapat menambah imajinasi dan pengetahuan tak ada tanpa pengenalan dan imajinasi tak terwujud tampa orang lain,,,siapa pun dia yang jelas dia adalah Hamba Allah yang haus akan persaudaraan….he..he…he…

    Goop:::
    wah iya nih sip… sip…
    pengetahuan dan imajinasi berkolerasi sangat erat ya pak😀

  24. MaNongAn on

    hai …. KTP, ATM, CC, an Body Size Please !

    .::he509x™::.

    Goop:::
    waduh, apa mau ngasih baju saya??
    body size saya g menarik lho, sungguh:mrgreen:

  25. Ina on

    *ralat*

    saya kenal kok yang namanya Goop… dia itu adik saya yg paling baik sekaligus bandel.
    *dpt parcel dr Goop*
    Luv u Goop..!

    Goop:::
    aih, kak ina ngerayuuuu…
    ah pasti ada maunya inih😀
    luv u too:mrgreen:

  26. bedh on

    saya tak kenal diri saya jadi mana mungkin saya kenal saudara…

    tapi tak butuh waktu cukup lama untuk menyadari bahwa saya sedang menjalin hubungan pertemanan dengan menyembunyikan semua topeng dan kostum yang ada bahkan juga nama dan wajah.

    tanpa itu semua ternyata saya cukup merasa nyaman berbincang dan membaca pikiran anda.😀

    Goop:::
    hahaha… haibat lha sobat…
    dikau bisa membaca pikiran saya…
    ah syaluth saya… *menjura*
    makasih

  27. nico on

    hehehe.. ntu gunanya kopdar. biar ga sensasi hitam dan putih layar monitor 😀

    Goop:::
    walah nico tau juga pesannya eh😀
    selamat nic:mrgreen:

  28. Sawali Tuhusetya on

    ah, kok bisa telat berkunjung begini, yak? Halah. Maklum konek net barusan lancar jam 15-an tadi.
    Wah, seperti biasanya, postingan mas goop memang lembut, menghanyutkan. Pasti selalu melibatkan keponakannya, hiks. berkenalan kalo menurutku tuh gampang, mas. yang sering sulit itu melanjutkan perkenalan ke tahap-tahap berikutnya. Lebih-lebih anak-anak muda yang biasanya selalu siap pasang kuda-kuda setiap kali berkenalan dengan lawan jenis. ada aroma romantisme yang bermain di situ. kadang2 emosi purba jadi liar. Pertanyaan saya, sudahkah mas goop pasang kuda2a jugak? Hiks.
    *Hayah, mlulu itu pertanyaannya. *

    Goop:::
    waduh ko kaya mau silat aja pak😀
    ogh jadi begitu yak??😆
    wah makasih ini, saran dari senior nih hahaha

  29. ranywaisya on

    Karena saya tak kenal anda so…
    Salam kenal🙂

    Goop:::
    salam kenal juga, terima kasih ya sudah mampir😀

  30. shaffiyah on

    kenalan???

    sapa takut…..

    tpi kenalan am Qmu g mbhyakan jiwa dan raga serta nusa bangsa kn???
    *hehehe….🙂 *

    lgi OL niye???😎

    Goop:::
    hahaha… sepertinya sih aman selama ini:mrgreen:
    makasih sudah mampir disini😀

  31. Moerz, anaknyaCHIWygdiadopsiADIT&NIEZ on

    gak kenal gak sayang…
    gak sayang gak bisa ngasih duit…
    gak ngasih duit…?
    bunuh tuh orang…

    heheheh…

    salam kenal paman…

    wahahahah…

    Goop:::
    waduh salam kenal moerz…
    itu ko banyak nian namanya sekarang…
    dah gitu ga jelas lagi hubungan keluarganya😀
    aya aya waee…

  32. Rizki on benbego on

    Halo Uncle Goop, masih kenal kah dg saya?

    Goop:::
    aih masih lha Tuan Benbego kan??
    ternyata Rizki yak??
    apa kabar inih??

  33. danalingga on

    Itulah bedanya kenal dengan merasa kenal. Tapi sepertinya memang lebih banyak yang dalam tahap hanya merasa kenal. Belum kepada tahap kenal.

    *saya ngomong apa sih ?*🙄

    Goop:::
    iya tuan Dana…
    merasa pintar, merasa baik… dan merasa-merasa yang lain
    memang lebih mudah, ketimbang
    pintar itu sendiri, baik itu sendiri, hahaha
    embuhlah:mrgreen:

  34. hadi arr on

    goop mungkin saja bukan kenalan saya, tapi saya merasa kenal dengan gaya tulisannya *sok akrab*
    penempatan kata-kata dalam kalimat dan susunan kalimat dalam tulisan paman goop (ngakunya :D) membuat saya menjadi sangat kenal dengan diri saya sendiri, yaitu saya mesti banyak belajar.
    saaallluuut

    Goop:::
    waduh, pak hadi bisa aja😀
    terima kasih pak, dan yukk mareee sama-sama belajar:mrgreen:

  35. niez-nya adit on

    blum kenal ?? kenalan dulu…
    *salaman*

    Goop:::
    *😆 *
    *jabat erat*
    makasih…

  36. sitijenang on

    kenal.. kenil.. kenul.. saya berusaha belajar juga mengenal, tidak sekadar tahu.

    Goop:::
    yup, saya dukung tuan sitijenang…
    *serbuuuuu…..!!!* hahaha:mrgreen:

  37. Goenawan Lee on

    Saya siap pajang skrinsyut close up paman!:mrgreen:

    Goop:::
    waduh… dari kemaren ini mulu kau Gun…
    bayarrr…. wajib hukumnya😆

  38. mbelgedez on

    Ciamik !!!

    Kalok sayah jadi Post tentang sesuawatu, ,mungkin sayah Link…..

    Goop:::
    waduh, silakeun ohm mBell
    saia tunggu lho…
    *deg-degan*

  39. mbelgedez on

    Si MOERZ anak rembulan , kalee yah…
    sampe di adopsi segala….

    ***ngakak guling-guling…..***

    Goop:::
    wah iya ya, anak rembulan…
    ohm mBell bikin teringat sebuah lagu lama:mrgreen:
    kalo ga salah ada kan??

  40. dobelden on

    intropet ekstropet (bener gak tulisannya)

    susah kenalan dan sok kenal😀

    Goop:::
    kalo itu artian dari introvert dan ekstrovert sepertinya bukan sobat…
    ah saya pun kurang tau sih😀

  41. rumahkayubekas on

    he temanya kenalan,
    Kayanya oleh- oleh kemarin kopdaran,
    Ya sih kadang masih juga ngga cukup kenal liwat ketemuan,
    Apalagi kalo cuma di ym yang melulu komen dan sapaan,

    Goop:::
    aih makasih kang
    jadi akang setuju kan kang??
    memang tidak mudah untuk kenal kan kang??

  42. ridhocyber on

    dalem banget, sampai aku gak paham artinya😀

    Goop:::
    wahahaha….
    maaf-maaf…
    beginilah hidangan semenjana ini, yang mungkin kurang pas:mrgreen:
    oya, terima kasih sudah mampirrr:mrgreen:

  43. kazetku on

    Aku kesasar… hiks😦

    Goop:::
    dimanakah peta dan kompas sodara?? 😆

  44. kakanda on

    rasanya saya pernah lewat sini,
    tapi belum kenalan, salam kenal paman Goop,
    mudah-mudahan bisa silaturahim
    katanya “banyak teman banyak rezki”

    Goop:::
    oh iya, salam kenal juga kakanda…
    terima kasih sudah mampir disini yak😀

  45. tan andalas on

    kebetulan saya anak baru,

    kalo gitu salam kenal ya paman gober goop

    Goop:::
    wah kebetulan dunk😀
    iya eh, salam kenal juga…
    makasih sudah mampir disini:mrgreen:

  46. Ersis W. Abbas on

    Kenal batiniah kan bisa saja … bisa lebih baik dari kenal zahir, ya kan?

    Goop:::
    iya pak ersis, bisa juga macam itu…
    tapi mungkin yang ini maqamnya lebih tinggi lagi😀
    begitu barangkali …:mrgreen:

  47. Dimas on

    salam kenal juga dari sayah, mari mampir😀

    Goop:::
    salam kenal juga Dimas,
    terima kasih sudah mampir disini:mrgreen:

  48. cK on

    halo, saya dari biro kenalan. anda mau daftar untuk cari teman? silakan daftar via sms, ketik REG [spasi] CARITEMAN. dijamin anda akan dapat banyak kenalan baru..😀

    *mode sales ON*

    Goop:::
    wah neng cK alih profesi…
    dicari murid-muridnya itu neng😆
    btw, kirim sms kemana??:mrgreen:

  49. maxbreaker on

    yah, kadang saya juga kurang mengenal diri saya…
    salam kenal lagi….:mrgreen:
    om masukin saya yah ke sahabat waktu,🙂
    ntar saya juga masang Om di blogroll saya, OK!

    Goop:::😀 salam kenal juga
    oke-oke, nanti saya masukkeun😆

  50. ayaelectro on

    salam kenal uncle goop. hehe. please checkout my blog and give your comment: http://ayaelectro.wordpress.com/

    Goop:::
    okeee, salam kenal juga…😀
    terima kasih sudah mampir disini yak…

  51. fiagla on

    maaf, sy terseret arus top posts wordpress.com dan akhirnya nyasar kesini.. hehehe

    slm kenal.

    Fiagla,

    Goop:::
    salam kenal pula, terima kasih sudah nyasar kesini😀

  52. erander on

    Ya .. saya ga kenal sampeyan. Karena memang kita tak pernah berjumpa langsung. Dan memang karena saya tidak tahu siapa sampeyan. Saya cuma tahu, sederet kata yang kerap hadir memenuhi kotak komentar di blog saya, berikut simbol nama dan avatar.

    Saya ga kenal sampeyan. Saya cuma tahun ada mahluk yang menuliskan kata berikut nama dan avatar. Yang mengabarkan bahwa ada mahluk hidup yang meletakkan kata di tempat saya, kemudian balik saya berkunjung ke tempat sampeyan. Padahal saya tidak mengenal sampeyan.

    Ya .. saya memang tidak mengenal sampeyan. Tapi saya mengenal sampeyan dalam hati dan dalam otak saya. Yang telah mencatat kata, nama dan avatar. Jika pun kita berpapasan di jalan, saya pasti tidak kenal sampeyan. Karena saya memang tidak mengenal sampeyan.

    Goop:::
    terima kasih banyak pak erander…
    karena hati dan otak bapak, merekam memori komentar dan avatar😀
    ah… saya pun begitu, meski saya tidak benar2 mengenal pak Erander….:mrgreen:
    semoga jalinan silaturahim, avatar dan komentar ini tetap terjaga ya pak😀

  53. stey on

    kenalan pak..saya stey..cewek,twenty something..weird woman live in weird world..hehe..*ngajak salaman*

    Goop:::
    oh… iya stey… atau mbak steyyy😀 >> ko ga pas😆
    salam kenal pula, *jabat erat*

  54. antarpulau on

    “…Saya tak kenal anda, tak juga anda kenal saya….”

    *sedih*

    Goop::::
    heyyy…. adap apa tuan kepala suku???

  55. Balisugar on

    Ikut nimbrung disini, mengenalkan diri.

    Salam

    Goop:::
    silakeun nimbrung, salam kenal juga😀
    *jabat erat*

  56. riza on

    sepertinya saya mengenal Anda😕

    teganya anda memaksakan beberapa simbol untuk saya terjemahkan pada otak saya, maka jangan salahkan jika saya dengan semena2 menerjemahkan simbol2 anda yang tidak boleh diterjemahkan.😀

    mumet mode:on. semangaaaddddhhh

    Goop:::
    hahaha, maafkeun saya tuan😀
    tapi silakan saja bila anda akan menerjemahkan… :mrgreen:

  57. sandemoning on

    Tuhan, kalo boleh meminta, ciptakan lebih banyak lagi unclegoop, biar dunia ini tercerahkan, biar dunia ini saling menghormati, biar dunia ini terasa damai. Terlebih lagi, biar saya bisa membaca rangkaian kata unik yang menjelma menjadi tulisan yang sangat berarti, yang mencerahkan…

    ikut nebeng kenalan…

    Goop:::
    amiennn….
    tapi, kalo banyak orang kaya’ saya…
    repot juga kaleee😆

  58. ponakan on

    well uncle… setuju ma coment2 yang diatas(yang mana yak???hehe)…
    no comment aja (eh.tapi ni juga coment yak???) … binun….😛

    Goop::::mrgreen:
    terserah ponakeun aja deh…

  59. ayaelectro on

    lah kok gw dipanggil tuan? haha. cewek kok dipanggil tuan. salam kenal lagi deh unclegoop. kayaknya unclegoop orang yang cukup menarik. hehe.

    Goop:::
    lha…?!!
    Kupikir dikau pria…
    berarti saya kurang kenal memang😆
    maaf yakz…
    terima kasih, nona… salam kenal lageee

  60. neng fey on

    kenalkeeen… =p

    Goop:::
    yup, salam kenal… :mrgreen:

  61. Maaf « DalamLipatanWaktu on

    […] mungkin kita perlu kenalan […]

  62. ulan on

    uncleeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee….
    kita udah kenalan belom ya??
    tapi walau kita belom kenalan kita kan..
    emang belom kenal ya om…
    *berusaha malu*

    Goop:::
    lha… lha… lha…😆

  63. kazetku on

    Lho…???? aku kesasar rene meneh…😦


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: