Engine

mesin

Lima ratus kilometer adalah batas yang dianjurkan oleh pabrikan motor saya, untuk masa reyen. Selama menempuh jarak itu, banyak aturan yang harus saya ikuti agar motor saya bisa bekerja dengan baik nantinya. Reyen adalah pemanasan, saat dimana semua gerak dalam mesin berawal. Menentukan kelancaran semua pekerjaan masing-masing onderdil nantinya.

Ada aturan dalam memperlakukan motor pada saat dipanasi. Bagaimana merobah-robah kecepatan saat motor digunakan. Batasan putaran mesin, juga batasan kecepatan maksimal yang boleh dicapai. Ini berarti, meski saya sudah membeli motor itu dengan kredit sah, dan resmi menjadi milik saya, namun ada banyak peraturan yang tetap harus saya patuhi. Saya tetap tidak boleh sekehendak saya sendiri, dalam memperlakukan motor baru saya itu.

Di lain pihak, DuaLima adalah sebuah angka, setelah dua empat dan sebelum dua enam. Meski bila dibagi lima akan menghasilkan angka lima juga, atau bila dikalikan empat akan menghasilkan angka seratus, namun DuaLima tetaplah sebuah angka biasa. Saya kurang mengerti, berapa anjuran dari Pabrik saya, untuk masa reyen diri saya ini. Tapi barangkali, DuaLima adalah angka yang pas untuk menandai batas sebuah reyen diri. Mungkin juga, DuaLima adalah masa pasca reyen, tapi marilah kita melihat hal lain dari pada sekedar polemik angka ini.

Beberapa hari yang lalu, angka DuaLima itu saya capai juga. Umur saya bertambah satu, namun katanya usia berkurang satu, ah apa sebenarnya perbedaan diantara kedua pernyataan ini?

Masa reyen telah saya lewati, pembelajaran di sekolah, pun kuliah yang monoton, melelahkan dan kadang menjemukan telah ditinggalkan. Meski di saat yang sama, meninggalkan kesan yang juga menarik, penuh kenangan dan tentu masih suka dirindukan. Sekarang ini, bukan lagi masa reyen, namun sudah memasuki masa pakai.

Tak banyak perubahan diantara kedua masa ini sebenarnya. Ditandai dengan beberapa perubahan kecil dan tidak penting. Semua terjadi sebagai bagian dari proses, yang beberapa kalangan menyebutnya sebagai pendewasaan. Benarkah sudah dewasa sekarang ini? Karena masa kanak-kanak tetap tak terlupakan dan masih terbingkai indah. Benarkan sudah dewasa sekarang ini? Bila parameter untuk dewasa itu sendiri, adalah absurd, abstrak dan tidak terukur.

Tak bisa dipungkiri, bahwa selain pembaharuan yang terjadi terus menerus. Diiringi pula, diwaktu yang sama, sebuah kerusakan, aus dan karat. Pengalaman yang berbeda-beda dan kian bertambah, merubah beberapa sudut pandang. Memperbaharui cara menyikapi permasalahan dan pengendalian emosi, metode meminta maaf dan taktik untuk berterima kasih. Tapi, gigi yang mulai berlubang, pandangan yang menjadi kurang awas, dan beberapa uban yang mulai muncul juga penanda. Bahwa disana ada proses degradasi, seperti aus pada baut, atau karat pada besi.

Dimanakah beradanya bengkel? Saat saya bisa men-service. Menghilangkan karat, aus dan kerak yang mungkin menempel. Mengganti onderdil yang rusak, atau sudah tidak berfungsi dengan benar lagi. Mungkin juga mendapatkan pelumas, atau kampas rem yang baru.

Bahan bakar sebagai bagian vital dari sebuah pekerjaan mesin, juga sangat saya butuhkan. Bila mesin empat tak membutuhkan bahan bakar yang berbeda dengan mesin dua tak. Saat mesin diesel membutuhkan solar, mesin yang lain membutuhkan premium. Semua ada aturannya, ini untuk mendukung agar kerja mesin benar, dan menghindari kesalahan yang bisa berujung pada kegagalan kerja mesin.

Sebisa mungkin, saya juga memberikan bahan bakar berupa makanan dan minuman dengan benar untuk tubuh saya. Walau tak bisa diingkari, bahwa kadang ikut pula beberapa sampah yang turut serta masuk, disengaja atau tidak. Makanan jasmani dipenuhi, dan kadang diracuni. Makanan ruhani kadang tercukupi hingga berlebih, namun satu ketika kekurangan bahkan bisa dibilang lupa tak makan.

Gabungan dari percikan api busi, udara, dan bahan bakar dihantam dengan keras oleh piston, meledak dan menghasilkan gas buang. Pelumas suka turut campur, agar gerakan piston mulus dan tidak tersendat. Setiap hembusan nafas, detak jantung dan nada nadi, menghasilkan gerak. Tidak lupa kerja ginjal, hati dan kedutan usus yang bergerak harmonis, diluar kesadaran. Menghasilkan pula sampah, entah berbentuk gas, padat atau cair. Oya, kadang ditingkahi dengan gangguan dari asap, kolesterol, mungkin juga asam urat.

Kelistrikan, mempengaruhi kerja lampu, stater, klakson dan lampu seign yang memberi peringatan akan membelok. Mata, hidung, telinga dan indera lain juga menjadi sensor. Mengetahui apa yang ada di sekitar, memperkirakan bahaya ataukah keuntungan, sahabat ataukah lawan.

Motor saya itu sekarang, sudah menempuh ribuan kilometer. Dua puluh empat tahun sudah saya lewati. DuaLima menjelang dan telah dilalui beberapa hari. Ah tapi, saya masih perlu belajar bersyukur, untuk setiap pelukan bernama desah nafas. Masih suka mempertanyakan, ragu dan bimbang, padahal ciuman bernama detak jantung selalu datang tepat waktu, tanpa perlu bertanya lagi, tak pernah bimbang, apa lagi ragu. Masih saja suka lupa, atau sengaja lupa, bahkan tak jarang ingkar, padahal setiap menit saya bersetubuh dengan nada nadi, kedut usus, dan pori hati pun ginjal. Mungkin saya ini memang tak tahu diri, tapi suruh siapa tanda tanya berwujud bidadari??

Saya teringat pada Dewi Lestari, yang kalau tidak salah, mengingatkan tiang listrik agar tidak lupa pada rumput, katak dan tanah. Meski pola awan, kesiur angin dan kicau burung menggoda selalu. Saya juga teringat pada Bang Iwan, yang berdendang :

….duduk sini nak, dekat pada bapak
jangan kau ganggu ibumu,
turunlah lekas dari pangkuannya,
engkau lelaki kelak sendiri…

__________________________________________________________

Terima kasih kepada semua yang memberikan coretan warna, pada dua puluh empat tahun perjalanan saya selama ini. Tetap memohon bimbingannya, nasihat, dan peringatan agar jalur yang saya tempuh benar. Tak lupa terima kasih juga kepada anda para sahabat yang tetap membaca hingga kalimat ini, fast reader atau bukan, seleb blog atau bukan, tetap terima kasih karena curhat, narsis dan pusaran lingkar diri yang menjemukan ini, anda baca juga hehehe… –Thank You–

Tulisan ini, didukung sepenuhnya oleh
1. Asal gambar
2. Dewi Lestari pada Philosphi Kopi, bab dan halaman sudah lupa
3. Aulia A Muhammad untuk beberapa kata yang sangat menginspirasi, yaitu detak, desah dan nada nadi.

45 comments so far

  1. edy on

    hepi besdey, paman🙂
    jadi kmaren jalan-jalan ke bali itu dlm rangka ultah toh

    Goop:::
    hoho, terima kasih sobat😀
    bukan, kemaren dalam rangka jalan-jalan saja:mrgreen:

  2. itikkecil on

    selamat ulang tahun goop😀

    Goop:::
    makasih tante😉

  3. detnot on

    hepi besdey jeng

    best wishes 4 u :bighug:

    Goop:::
    yupe, makasih jeung…:mrgreen:

  4. kurtubi on

    24 tahun umur yang matang dan berguna… Anda sudah membuktikannya. Sekedar mengingatkan buat saya juga, berapa sisa umur umur kita… semoga terbimbing selalu ya…🙂

    Goop:::
    amien…
    terima kasih banyak Pak Kurt,
    mohon bimbingannya juga ya😀

  5. Ina on

    wah….!
    Met ulang tahun yach, goop.😀 *cipika cipiki

    Makan2…!!!

    Goop:::
    yupe, makasih banyak kak ina…
    *peluk-peluk*😆

  6. tukangkopi on

    wooo…jadi dah pengen kawin Goop? ya udah sono cepet cari jodoh. biar gak keburu aus..:mrgreen:
    btw, HEPI B’DAY MASTER!!

    *menjura*

    Goop:::
    bantuin napa bro..😳
    tengkyu… tengkyuu eniway

  7. alfaroby on

    selamat lebaran deh …*LOH**…..

    *salah masuk kamar*

    Goop:::😎

  8. tiyar on

    Dumeh motor anyar yo…hayo…balapan po scorpio mu ro shogunku..hehe. Koe ngubengi sak lap ndisik yo gak popo. Ngko tak pur wis…

    Goop:::
    wah saya nda’ hobi mas kekeke:mrgreen:
    nuwun

  9. Mihael "D.B." Ellinsworth on

    Motornya CBR, ya ? Apa Kymco ?:mrgreen:

    Selamat Ulang Tahun.😀

    Goop:::
    makasih D.B.
    motornya, ada deh…
    *padahal itu di koment atas ada disebutkeun*😆

  10. Sawali Tuhusetya on

    Masa reyen telah saya lewati, pembelajaran di sekolah, pun kuliah yang monoton, melelahkan dan kadang menjemukan telah ditinggalkan. Meski di saat yang sama, meninggalkan kesan yang juga menarik, penuh kenangan dan tentu masih suka dirindukan. Sekarang ini, bukan lagi masa reyen, namun sudah memasuki masa pakai.

    sebuah pengakuan jujur mas goop. motor dah ada baru lage, semuanya sudah dipanasin, tiinggal gleyer2 gasnya dikit demi dikit, setelah itu tancap. itu pemanasan motor. masih ada pemanasan yang jauh lebih penting dari itu, hiks. siap pasang kuda2, tabur pesona, comot sana, comot sini, ambil yang terbaik, lalu siap-siap utk dipanasi jugak! Habis itu langsung deh tancap gas!
    *Berlalu sambil berdoa*

    Goop:::
    hahaha…
    pak sawali ini loh😳
    makasih ya pak…:mrgreen:

  11. ponakan on

    selamat hari lahir unc…
    yah…semoga menjadi yang lebih baik.

    Goop:::
    amien…
    makasih yakz😀

  12. qzink666 on

    Hepi besdey, brooo..
    Makan-makan..😀
    *komeng standar*

    Goop:::
    makasih bro…
    *ikut-ikutan standar😳 *

  13. Nazieb on

    Walah, ternyata sedang berultah to?
    Selamat-selamat *salaman
    Makan-makannya kapan?😛

    Ah, ternyata hidup itu seperti motor..
    *ngeloyor ke om Caplang..

    Betewe pembaca Aulia Muhammad juga yah?:mrgreen:

    Goop:::
    iya, saya seneng cara mas aulia bercerita😀
    dan terima kasih sobat, makan-makannya…
    tunggu aja yakz😀

  14. annots on

    Selamat ulang tahun paman, btw ulang tahun kok ndak ada kopdarnya ya… *ngarepdotcom*😀

    Goop:::
    terima kasih tuanku😀
    kopdarnya… hihihi…
    diprambanan aja pow??:mrgreen:

  15. almascatie on

    met ultaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
    :bongkar2 makanan didapur:

    Goop:::
    makasih…
    tapi semua makanan udah disembunyiin dari dapur, ke ruang tamu
    hohoho😀

  16. annots on

    Kopdar di Prambanan juga ndak apa2, pilih warung sate cah elek apa bakso tirtosari? *siul-siul*

    Goop:::
    walah…
    dasar kalo kampung halaman ya paham kekeke:mrgreen:
    dimana aja bro… asal jangan bakso mbogem…
    soalnya dagingnya kan katanya, gimana gitu😆

  17. annots on

    *siap2 sms paman goop* siapken semuanya kita kopdar di DPR depan mata**ri klaten😀

    Goop:::
    lha… lha…
    kupikir dikau sahaja mas…
    mau bawa pasukan toh??
    adakah soft loan?? i need it pliss!!!😥

  18. andex on

    oo… jadi jalan2 ke bali naek motor ampe mesinnya kepanasan? koq gak ngajak2? dasar pegawai yu en…

    Goop:::
    salah sendiri, siapa suruh sibuk nyari otakku terus kekeke
    btw, rombongan ko bro😀

  19. ekowanz on

    jadi makan2 pas kopdar berikunya bareng unclegOOp yah :p

    Goop:::
    kekeke:mrgreen:
    kata siapa ko??😆

  20. deethalsya on

    duw.. ternyata udah seperempat abad toh mas??!😀
    selamat.. selamat!!!
    *kpn traktiran-a nih??!:mrgreen:

    Goop:::
    makasih ya dt…
    traktirannya, embuh deh😆

  21. rumahkayubekas on

    Eh cepet sekali ya,
    Liburannya ngapain aja?
    Tau- tau koq dah duapuluhlima,
    Selamat berkurang atau bertambahnya usia,

    Goop:::
    terima kasih kang😳

  22. kabarihari on

    selamat-selamat, ternyata si paman punya hajat toh?

    *mudahan dikasi kue:mrgreen:

    Goop:::
    makasih….
    kuenya udah saya sikat sendiri😆

  23. antarpulau on

    tok.. tok… tok… tok…. *ketuk pintu*
    Asalamu alaikum…… *sambil terus mengetuk pintu*
    *pintu terbuka, seseorang menyambut di depan pintu*
    Ada paman Goop…. ????
    *bertanya sambil kedua tangan disembunyikan di belakang tubuh, menyembunyikan kado utk paman goop* :mrgreen:

    Goop:::
    walaikum salam….
    wuahhhh… ada yang bawa kadoooo:mrgreen:
    *berdebar pengen tau isinya😀

  24. stey on

    Engine tubuh saya akhir2 juga mulai berantakan satu persatu ga tau kenapa..padahal saya ganti oli juga ga pernah telat..ato harusnya emang turun mesin ya?

    Goop:::
    kalo onderdil yang lain gimana??
    mungkin aja perlu diganti😀
    atau emang perlu turun mesin ituh:mrgreen:

  25. beratz on

    Wah…. ini.. ini….
    apa mungkin ngajak makan makan diriku itu sebenarnya dalam rangka ultah mesin tubuh ya?
    Yo wis karena kemaren belum sempet nanti tak tunggu makan2-nya deh kalo gitu….

    Goop:::
    hihihi….
    silakeun saja ditunggu….:mrgreen:

  26. adit-nya niez on

    Saya kira bener2 ngomongin motor…:mrgreen:
    Eniwei, met ultah paman!

    Goop:::
    lha emang ngomongin motor ko….:mrgreen:
    makasih dit😛

  27. Goenawan Lee on

    Ah telatttt…. *peluk om*

    Bagusna kalo ultah ntraktir anak-anak CA to!!

    Goop:::
    ga boleh peluk-peluk kecuali cewek😛
    makasih goen….
    nrakter… wew….😆

  28. Cabe Rawit on

    Selamat Tahun Baru Imlek yang ke 25…!:mrgreen:
    25 taon itu usia mateng, di mana setiap organ seksual sudah berfungsi lebih sempurna. Maka menikahlah secepatnya…
    *nyodorin lilin 25 biji*

    Goop:::
    terima kasih untuk lilinnya😆
    dan menikah…. masih nunggu bu lek tuan, yang masih jalan-jalan:mrgreen:

  29. funkshit on

    met ultah kawan .. . .MAKAN MAKAN itu wajib hukumnya.. apalagi ulang tahun perak

    Goop:::
    terima kasih…
    makan-makan eh??….😆

    eh.. saya udah baca pilosopi kopi.. kok nda ingat ada bagian soal tiang listrik itu ya ??

    Goop:::
    tentang ulang tahun bro…
    kayaknya sih saya baca disitu…
    apa salah yak??:mrgreen:

  30. nyaru jadi Anangmu on

    Selamat… makan-makan…!!!

    Goop:::
    walah, pake nyaru-nyaru…😀
    makasih tuan…

  31. Andrew Anandhika Wijaya on

    cih… 25… udah tua… abis gini mati terus dikubur… udah nyiapin diri belon…???

    Goop:::
    ho oh…
    do’ain sahaja yak tuan…
    yang muda juga kudu siap-siap kaleee

  32. Klan@smara on

    hepi bertdeyyy
    met kenal ya😉

    Goop:::
    makasih…
    *salam kenal juga*:mrgreen:

  33. Andrew Anandhika Wijaya on

    saiyah udah nyiapin diri kalo-kalo paman mau traktir lho….

    *nggak makan dari kemaren lusa*

    kapan mau traktir paman…???😉

    Goop:::
    syukuriiinnnnn👿
    aih, saya ko mendadak kejam begini kekeke😛

  34. dobelden on

    wah jarang2 yg punya motor ultahnya bareng ma motornya😆

    Goop:::
    walah…
    yang bilang sama siapa??
    kekeke… saya aja ga ngerti kapan itu motor mbrojol😆

    Selamat ultah dech yaks.. kapan2 pinjem scorpionya buat latihan ya uncle😀

    Goop:::
    walah, buat latihan…
    mendingan yang agak enteng doloo kalo itu
    hihihi…
    oke deh, silakan sahaja😀

  35. indra1082 on

    Wah sama sudah 25th…selamet bro…..

    Goop:::
    ehehe… sama yak??
    terima kasih😀

  36. chiw on

    aaarrrggghhh!!!!

    serasa kuliyah!

    pamaaaan, protes! saya berasa kuliah ini…padahal mau nynte…
    😥

    Goop:::
    lha…
    dikau kan mainannya kapal to??:mrgreen:

  37. chiw on

    Terima kasih kepada semua yang memberikan coretan warna, pada dua puluh empat tahun perjalanan saya selama ini. Tetap memohon bimbingannya, nasihat, dan peringatan agar jalur yang saya tempuh benar. Tak lupa terima kasih juga kepada anda para sahabat yang tetap membaca hingga kalimat ini, fast reader atau bukan, seleb blog atau bukan, tetap terima kasih karena curhat, narsis dan pusaran lingkar diri yang menjemukan ini, anda baca juga hehehe… –Thank You–

    ini maksutnya postingan ultah ya?

    *garuk garuk jenglot jenggot tetangga*

    pssst… Paman…
    *lempar kado sekarung*

    Goop:::
    lha dikau kira apa chiw??
    ah makasih untuk kadonya:mrgreen:

  38. gempur on

    Selamat mas! masa reyen kalo 25 kelamaan mas! hehehehehe.. saya rasa, di tiap tahapan angka itu ada fase baru.. angka 25 mungkin untuk fase yang ke berapa saya juga tak tahu.. yang jelas, masa reyennya di angka 25 itu bukan reyen yang pertama kali tentunya, mungkin untuk yang ke-5 bahkan mungkin ke-6 atau entahlah.. masing-masing tahapan punya kendaraan sendiri yang ada masa reyennya..

  39. bedh on

    mudah2an lom telat wat ngucapin selamat ulang tahun yahhhhh
    perjalanan motor itu lebih terasa jika jalan yang dilewati memberikan banyak cerita
    kalaupun nanti onderdilnya pada copot2 semua mudah2an jalan yang dilewati memberi makna yang lebih dari sekedar cuma jalan yang terasa hampa di lewati tanpa kesan.😀

  40. goop on

    @Gempur & Bedh
    …makasih…
    _________________
    ga berani ngerubah komen keren:mrgreen:

  41. alfaroby on

    ….duduk sini nak, dekat pada bapak
    jangan kau ganggu ibumu,
    turunlah lekas dari pangkuannya,
    engkau lelaki kelak sendiri…

    bagus bangget nih tulisan… salut deh….
    jadi kangen abah ma ummi’

    *hiks hiks*

    Goop::::mrgreen:
    saya pun kangen dengan beliau berdua…

  42. erander on

    Ada tiga hal nih paman Goop mau saya tanggapin …
    1. Horeee .. selamat ulang tahun ya paman .. sori telat. Soalnya kemaren mau mampir kesini, macet dijalan dan banjir pula. Untung hari ini saya ga ada halangan buat bertandang ke rumahnya paman. Tapi .. kue nya sudah habis ya?? koq saya ga disisakan??😦
    2. Horeee .. sepeda motor baru ya?? kapan nih ngajak jalan2 .. nyobain reyen-nya motor baru .. eh, kalo ga salah motor baru belum boleh digonceng ya?? yaaa .. ga jadi deh. Masa mesti nunggu sampe 500 km sih. Cape deee …😦
    3. Horeee .. dualima itu program pemerintah – kalo ga salah – buat menekan pertumbuhan penduduk dan diabadikan dalam sarung aman .. walah, saya malah koq jadi OOT ya. Udah ah .. laper nih .. soalnya kue ultahnya sudah habis. Pulang aja ah.😦

    Goop:::
    1. Terima Kasih Bang😀
    2. Udah ga baru lagi Bang sekarang, udah boleh untuk gonceng ko:mrgreen:
    3. hihihi, sarung aman… apa itu???😆

  43. mbelgedez on

    1. Pict Engine nya keren….
    2. Analogi (?) nyang begetoo mengena. Soale pas sayah usia 40 baru sayah sadari, sayah harus make kacamata +1…. 😦

    Goop:::
    1. itu kan hanya minjem ohm mBell
    2. oh iya, ohm mBell juga pernah membuat kue tart berbentuk indah hihihi
    makasih ya ohm…:mrgreen:

  44. daeng limpo on

    Walaupun telat, daku juga mengucapkan selamat ulang tahun semoga dapat terus berkarya. Bravo.

    Goop:::
    terima kasih tuanku Daeng…😀

  45. ulan on

    tenyata angkel goop masih muda ya..
    24 ya angkel??
    saya 14 om..
    di kali dua.. huhuhuhuhu…
    doa saya buat om goop,
    semoga Tuhan memberi umur yang pas untuk om goop
    memberi rezeki yang pas,
    memeberi jodoh yang pas,
    dan komen yang pas untuk blog njenengan..

    Goop:::
    makasih kak ulan😀
    btw, apa g baca?? saya udah 25…
    pas seperempat abad hihihi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: