Maaf

Bila anda membaca kata-kata di blog ini, bagaimana otak anda menerjemahkannya? Dapatkah anda temukan sosok penulisnya? Pribadi seperti apa? Kebiasaan seperti apa? Kegalauan; gelisah dan harapan seperti apa?

Kalau melihat gambar ini?

memeluk memang nyaman

Apa yang ada dalam benak anda sekarang? Pribadi usil macam apa? Orang kurang kerjaan seperti apa? Pelamun seperti apa? Tukang khayal macam apa?

Silakan anda menerjemahkan saya, sekehendak anda. Bukan kuasa saya mengatur apa yang ada dalam benak anda. Hanya, bila boleh saya sarankan, alangkah akan sangat menyenangkan bila dari beberapa gambar, anda tidak menilai sebuah album.

saya hanyalah makhluk yang dengan inderanya berusaha menerjemahkan dunia, bukan sedang berusaha diterjemahkan

Menurut anda, apakah yang hari ini merupakan hukum alam, besok juga masih menjadi hukum alam? Bagaimana bila besok, tidak ada lagi gravitasi? Memang kita bisa belajar dari pengalaman, tapi mungkinkah menarik pengalaman dari hal yang baru terjadi besok?

Apa yang sedang anda baca sekarang ini, hanyalah proyeksi gelap terang layar monitor. Benar memang ada makna yang mungkin menyangkut dengan tidak sengaja di sana. Kata seorang teman, makna tidak tersaji di atas piring makan. Haruslah dicari, sepenuh hati, barulah makna akan ditemukan. Benarkah ditemukan? Bila di saat yang sama, orang lain justru mendapatkan onggokan sisa?

Pendapat saya, yang jarang benar ini mengatakan, silakan mengambil suatu kesimpulan. Ah, tapi saya teringat dengan seorang sahabat yang sangat pintar berkata, jangan berhenti dengan apa yang kita lihat, lanjutkan, dan mungkin ada makna lain yang belum nampak. Boleh juga, kesimpulan itu untuk anda sendiri, karena orang lain, barangkali melihat dari tempat yang tidak sama dengan anda. Akhirnya, tidak pernah ada kesimpulan, karena bukankah selalu berakhir dengan tanda tanya lagi?

Sejujurnya, saya sangat suka tertawa. Menertawakan apa saja yang layak dan tidak layak, yang sebenarnya tawa, tawa mencibir, tawa miris, atau tawa kesedihan. Jelas bukan malaikat, meski ada sebagian ide Tuhan yang dititipkan pada saya. Sebagian juga iblis, yang bergairah namun suka tertidur.

Sapalah saya dengan mesra, karena saya itu angkuh, dingin dan menyebalkan. Itu saja tidak cukup, karena saya juga bebal, keras kepala dan tidak indah. Sapalah saya dengan mesra, dan mari kita biarkan kehangatan, menghampiri ujung-ujung kuku.

Bila anda berkenan, peganglah tangan saya, dan bergandengan mari kita lihat senja dari puncak bukit. Mungkin anda akan melihatnya begitu indah, tapi saya akan mengartikan sebagai akhir dari cahaya, dan gelap meraja kemudian. Tidak masalah bukan? Karena kita melihat dengan cara yang berbeda. Namun bila anda tidak berkenan, silakan menepi, dan biarkan kami mandi cahaya senja, untuk terakhir kali, sekali saja.

Akhirnya, maaf karena saya tidak pernah bisa menjadi seperti apa yang anda harapkan. Seperti film ayat-ayat cinta, yang mungkin mengecewakan pembaca novel dan penikmat sinetron. Ijinkanlah saya merasakan, menikmati dan mengisi waktu, yang bahkan tidak pernah melipat itu.

Terima Kasih

Atau mungkin kita perlu kenalan ?

__________________________________________________________

Postingan ini didukung oleh :

  1. Mbak Ayuk, untuk diterjemahkan dan menerjemahkan
  2. Mas Deking, untuk jangan berhenti mencari makna
  3. Mas Qzink, untuk manusia dan malaikat
  4. Mbak May, untuk pertanyaan tentang diri yang masih digantung di awan, juga tentang makna

__________________________________________________________

Dan liburan, semoga tidak ada halangan untuk :

  1. Tanggal 20 Maret 2008, bersama dengan Pak Sawali dan Pak Gempur
  2. Tanggal 21 Maret 2008, bersama dengan Baginda Caplang di Borobudur
  3. Tanggal 22 Maret 2008, bersama teman-teman CahAndong, ikut pasak bumi

Ada yang hendak turut ikut Paman ke kota? hihihi

48 comments so far

  1. edy on

    kenalan dong… 😳

    Goop:::
    hayuuukkkk 😳

  2. edy on

    eh itu nama saya kenapa pake baginda di depannya??
    btw, hape jng sampe susah sinyal yak πŸ˜›
    gara-gara 0,000000000000000000001 neh…

    Goop:::
    emang nama lengkapnya siapa hohoho :mrgreen:
    eh itu yg bener angka nolnya berapa?
    oya, klo sinyal ngga susah, sms yg susah 😦

  3. aprikot on

    kita ketemu di jogja paman *salaman*

    Goop:::
    wah ikut juga ya? bagossss
    :mrgreen:
    *jabat erat*

  4. Abeeayangβ„’ on

    hadoh….akuh malah pulang kampung iks…. πŸ˜₯

    Goop:::
    ah piye to bee? 😦

  5. Nazieb on

    Hwaaaaaaaa………. saya ndak isa hadir kayakna Paman…….. :((

    *oot

    Goop:::
    lah kenapa zieb?
    udah ane pesenin kamar …
    beneran nih? wah pasti banyak yang kecewa 😦

  6. masmoemet on

    selamat pagi paman *mencoba menyapa paman*

    wah jangan2 ucapan selamat pagi tersebut juga bisa dipandang dengan sudut yg berbeda. mungkin tepat untuk waktu Indonesia bagian barat, mungkin juga ucapan itu salah untuk waktu daerah lain.

    tau ah, yg penting maksudku ingin menyapa paman πŸ™‚

    Goop:::
    hahaha, ngga serepot itu ko bro, klo misalnya udah merasa benar ya katakan saja πŸ˜€
    makasih ya, dan selamat pagi juga

  7. itikkecil on

    pemuja patung ya paman?

    *salah fokus*
    *disambit goop*

    Goop:::
    bukan ko mbak, cuma hobi meluk 😳

  8. stey on

    bagaimana dengan ketemu saya?hehehe..
    *berlalu*

    Goop:::
    ouch, gampang kalo itu πŸ˜€
    ntar kita bikin janji dulu ya hihi

  9. detnot on

    pribadi yg menyenangkan menurut saya

    *peluk jeng goop

    Goop:::
    ngga boleh peluk-peluk πŸ‘Ώ
    eits, jangan menyimpulkan dulu lho jeung πŸ˜€

  10. edratna on

    Tahu-tahu pagi ini dapat telepon dari eyang…batal deh acara yang udah disusun jauh hari…..

    Goop:::
    aduh, sayang sekali ya Bu,
    tapi barangkali itu lebih penting :mrgreen:

  11. danalingga on

    mari belajar kenal.

    Goop:::
    nah, betul sekali tuan…
    mari… mari…
    πŸ˜†

  12. olangbiaca on

    Aslkm..

    waaah..enak kopdaran neh…..

    Goop:::
    walaikumsalam
    eh, ya bgitulah :mrgreen:

  13. daeng limpo on

    boleh kenal nggak?
    nama saya daeng limpo
    nama paman siapa?

    Goop:::
    nggak boleh :mrgreen:

  14. daeng limpo on

    @daeng limpo
    nama saya GOOP πŸ˜€

    Goop:::
    :mrgreen:

  15. daeng limpo on

    guwe di pekanbaru mau kopdar ama seseorang gak jadi-jadi…..???

    Goop:::
    lah, emang sama siapa tuan?

  16. daeng limpo on

    selamat menikmati liburan sobat

    Goop:::
    ah iya, terima kasih tuan πŸ˜€

  17. dobelden on

    uncle ini emang pejalan sejati πŸ˜›

    saya juga mo ke daerah kulon liburan inih πŸ˜€

    Goop:::
    eh, saya mah bukan pejalan sejati mas πŸ˜€
    oke deh, selamat jalan-jalan juga ya…

  18. chiw on

    *liyat potoh*

    ah, cuma segitu beraninya…

    *tertawa mencibir* πŸ˜†

    Bila anda berkenan, peganglah tangan saya, dan bergandengan mari kita lihat senja dari puncak bukit. Mungkin anda akan melihatnya begitu indah, tapi saya akan mengartikan sebagai akhir dari cahaya, dan gelap meraja kemudian. Tidak masalah bukan? Karena kita melihat dengan cara yang berbeda.

    😳
    nanti saja kalo udah di jogja ya… dengan latar belakang ratu boko…dan senja merah di ufuk barat, aaah…
    bisa saja saya akan melihat senja yang menyakitkan, karena harus mengakhiri perjumpaan itu. *sok sokan puwitis*
    *membayangkan*
    😳

    Goop:::
    *ikut membayangkan* 😳

  19. tukangkopi on

    cuma bisa melengos..

    *iri*

    gw juga pengen jalan jalaaannn… πŸ˜₯

    Goop:::
    :mrgreen:
    ayoo lah jalan-jalan

  20. iman brotoseno on

    wah nggak perlu menilai kok..
    semua khan hanya persepsi..
    seperti persepsi saya terhadap sebuah kata ‘ Pasak Bumi ‘

    Goop:::
    hahaha, wah persepsinya seperti apa mas? πŸ˜›

  21. ulan on

    aku ikut om goooppppp, mengendarai kuda bukan?? aku mau duduk di samping pak kusir yang sedang bekerja, mengendarai kuda supaya baik jalan nya

    Goop:::
    boleh, tapi jangan nakal ya…
    πŸ˜›

  22. mezzalena on

    Jalan2 ke Semarang mampir ga paman? sekalian kenalan *hahaha*

    Goop:::
    hihihi, boleh πŸ˜€

  23. funkshit on

    sepertinya saya pernah liat itu potonya ..
    bukan .. bukan yang memeluk tapi yang dipeluk. .
    sepertinya itu patung yang sama waktu saya kebelet pipis dan buang hajat di belakangnya .. hahahahah
    *kiding

    selamat berlibur.. enak tuh muter2

    Goop:::
    aih, pipis di sembarang tempat, jorok tuch πŸ˜€
    lah mau ikut muter2? :mrgreen:

  24. hanna on

    Maaf, ndak bisa ikutan, hik…
    Moga teman2 semua berbahagia ya.

    tunggu hasil pertemuannya deh.
    Met liburan, Paman.
    salam tuk teman2 semua ya…

    Goop:::
    iya ci, terima kasih, mohon do’a nya agar semua lancar ya :mrgreen:

  25. Effendi on

    Eh, ke Borobudur? 😯
    Jadwalku kosong. Mau ikutan tapi takutnya nyasar… Gimana ah….

    Goop:::
    hayoooo….
    ya kan bisa nanya-nanya

  26. qzink666 on

    Yah, dimata saya anda adalah malaikat yang sedang menyamar.. Atau mungkin setan yang merubah bentuk??
    Kau tetap pahlawan berparas tampan, bro.. Setidaknya untuk saya yang pernah kau tolong.. πŸ˜€
    *seriyus*

    Goop:::
    *pegang-pegang pala qz…*
    panas πŸ˜›

  27. Ina on

    Sapalah saya dengan mesra, karena saya itu angkuh, dingin dan menyebalkan. Itu saja tidak cukup, karena saya juga bebal, keras kepala dan tidak indah. Sapalah saya dengan mesra, dan mari kita biarkan kehangatan, menghampiri ujung-ujung kuku.

    Kenapa sayangku…!
    Hai, Pangeranku….! *sapaan mesra*

    Goop:::
    *getok-getok ina*
    jangan di sini dong! *hayah*

  28. Panda on

    siapakah kita? ah……..

    Goop:::
    iya, kita siapa yah πŸ˜†

  29. edy on

    balik lagi… :mrgreen:

    *iseng*

    Goop:::
    ini orang kenapa lagi? 😦
    *tendang baginda cp ke borobudur* πŸ˜†

  30. Okta Sihotang on

    libur??, huh..nggak ada libur negh.. πŸ™‚

    Goop:::
    wuah, haibat donk mas πŸ˜‰
    kerja terusss yakz πŸ˜†

  31. calonorangtenarsedunia on

    ini mirip2 cetingan kita waktu itu, Uncle?

    Goop:::
    eh iya Han, ini memang itu koq πŸ˜‰
    makasih untuk sarannya waktu itu ya πŸ˜›

  32. Cabe Rawit on

    Maaf juga faman… Ane hanya ingin menyamfaikan kebenaran dan nasihat, tidak lain karena ane ngerasa saling menasihati adalah bentuk kewajiban antar sesama saudara…

    Kenafa Faman sekarang menjadi senang mencumbu fatung? Afa tidak ada feremfuan yang layak untuk difeluk dan dicintai? Sadarlah faman. Konsultasikan kefada psikolog terdekat… :mrgreen:
    *digigit*

    Met Libur Fanjang Faman… Feluk hormat dari Ane.

    Goop:::
    *dezigh…*
    kau kan psikolog, kira-kira normal ngga? πŸ˜†

  33. erander on

    Kirain sudah mau lebaran .. jadi perlu minta maaf segala :mrgreen: secara liburan 4 hari, pas banget kaya’ mau lebaran hahaha πŸ˜† mohon maaf lahir bathin, salah salah kate, maaf-in kite ya bang πŸ™„

    Goop:::
    iya Bang, ane minta maaf lahir batin juga…
    semoga masih dipertemukan dengan lebaran tahun depan *hayah* πŸ˜†

  34. erander on

    *serius mode : ON*

    Paman .. apa yang paman rasa kan adalah ketika kita hanya melihat dari raga .. yang hadir didunia maya adalah jiwa .. sehingga apa yang ingin kita nilai, raga atau kah jiwa. Tapi .. jiwa juga berada pada raga. Baik buruknya tetap melalui proses raga. Mungkin beberapa jawab ada disini :

    Ketika jiwa tanpa raga

    Ketika jiwa dengan raga

    Raga dipuja

    Jiwa kemana??

    Goop:::
    makasih Bang untuk pengingatnya ini…
    tapi memang keduanya tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lain bukan…
    ah belajar lagi :mrgreen:

  35. ponakan on

    hihi…

    Goop:::
    :mrgreen:

  36. […] Arul -Kang Herry -Gun2 -Danalingga -Kang Kombor -Pak Gempur -Pak Sawali -Siwi -Nazieb -Qzink -Daeng Limpo -Um Mble -Ridu -Almas -Mihael DB -Ikhsan -Adit -Rita Sharon -Titov -Anang -Pak Ersis -Kang Yari -Goenrock -Fausan Sigma -Ira -Dhodotes -Oktaendy -Itik kecil -Ade -Tika Banget -Suprie Harriansyah -Ojat -P4ndu -Restlessangel -Cakbud -Daniel -Fira -Charles -Yonky -Amril -Nexlaip -Oktasihotang -Fertob – Ina -CY -cHika -Moerz – Abeeayang -Blogie -Suara Rakyat -Kang Tutur – Celotehsaya -Annot -Daengbattala -Ochta -Serpong.org -Paman Goop […]

  37. kombor on

    Hmm… Alhamdulillaah walaupun tidak direncanakan aku bisa ikut ketemuan dengan Goop. Nice to meet you. Tapi terusterang aku nggak mau gandengan sama Goop ini untuk melihat senja dari atas bukit. Emangnya aku cowok apaan?

    Silakan gandengan saja sama Caplang dari puncak Borobudur.

    Goop:::
    ayolah kang πŸ˜† *hayah*
    dan acara sama caplang ngga jadi… 😦
    oya, makasih juga atas ketemuannya, saya jadi pengen belajar adsense dan seluk beluknya, akhirnya, mohon bimbingannya πŸ˜€

  38. qzink666 on

    *ngintip om Goop dan om Edy mengikat janji sehidup semati di puncak borobudur*

    Goop:::
    ah ente kepingin juga kan? πŸ˜†

  39. neng fey on

    ikut pamaaaan… *sambil merengek-rengek*

    Goop:::
    ayoooo *narik-narik*

  40. Gempur sdg di Cikampek on

    makasih atas boncengannnya dari kendal ke semarang kemarin… andai saja sampean cewek, mungkin akan jadi kenangan terindah.. wakakakakakakakak…

    Goop:::
    :mrgreen:
    sama-sama…
    tetep saja menjadi kenangan, karena tegangnya menghindar dari polisi hahaha
    benar2 tidak safety riding :mrgreen:

  41. Sawali Tuhusetya on

    wah, aku minta maaf ndak bisa mengantarkan mas goop sampai ke secang, hewhehehe πŸ˜† kalau aku ikutan ke secang, nanti mas goop yang harus repot2 ngantar saya ke kendal. habis itu saya mesti mengantar kembali mas goop ke secang, hehehehe πŸ˜† wew,,, kapan rampungnya proses antar-mengantar kayak begini, hiks. ok deh, semoga liburan kali ini bisa membuat mas goop happy …

    Goop:::
    iya pak, terima kasih juga atas jamuan istimewa di “gubug”nya :mrgreen:
    suatu saat semoga masih diberi kesempatan sowan lagi pak πŸ˜‰

  42. Ina on

    Updateee…Updateeee!!!! *teriak2 ala tarzan*

    Balik kerja oee..jgn libur mulu, tar anak istri Paman dikasih makan apa??? :mrgreen:

    *dilempar sandal*

    Goop:::
    iya na, ini udah balik koq πŸ˜›

  43. maxbreaker on

    Libur telah habis Om! :mrgreen:
    knapa anda suka peluk patung Om? Bukankah itu keras? Lah yang empuk buat dipeluk juga buanyak Om, kok milih yang keras? :mrgreen:

    Goop:::
    kira-kira yang empuk dipeluk boleh
    tapi ngga marah apa max? πŸ˜†
    *jangan bilang bantal guling* 😳

  44. Edi Psw on

    Saya boleh kanalan ya, Paman

    Goop:::
    boleh koq πŸ˜› silakan…

  45. dhe' ngak nyambung... on

    loh…foto aku kok seksi bangeet di situ….foto dalam imagi paman yak…hehheheh (gubrak …di timpuk pake sendal jepit….)

    Goop:::
    emang dikau seksi yak? 😳
    hihi…

  46. dhe' ngak nyambung... on

    eh patun…eh foto..eh….au ah..

    Goop:::
    lha…??
    πŸ˜†

  47. ncrypt652 on

    good,
    saya br mlihat blog spt ini. good for ur blog

    goop:::
    makasih banyak mas, hanya mencoba bertutur saja πŸ˜€
    salam

  48. […] ga ada di rumah, katanya belum pulang dari Semarang. Eh Ani itu nyonya atau ibu sih? Hihihi… Maaf juga ga jadi ketemu di Borobudur. Ga bisa ikutan Pasak Boemi […]


Tinggalkan komentar